Tim Kaji Banding Kabupaten Kota Sehat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau Kunjungi Kabupaten Sukabumi bisa Raih Wsitara ke 3


Mitra News Sukabumi - Tim Kaji Banding  Kabupaten Kota Sehat Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Provinsi Kepuluan Riau melakukan kunjungan ke Desa Karawang Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kamis (29/8/2024).


Tujuan kedatanganya untuk belajar atau kaji banding terkait penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat. Kaji banding dilakukan di Desa Karawang pasalnya, salah satu Desa yang berhasil meraih penghargaan Saba Swasti wistara ke 3.


Kepala Dinas  kesehatan Kabupaten Bintan. Retno Riswati menyampaikan, pemerintah Kabupaten Bintan melakukan kaji Banding bagaimana jamban sehat yang berhasil didirikan di Desa Karawang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi dalam waktu 3 Bulan.


“Disini dalam waktu tiga bulan bisa, kita akan praktekan atau diaplikasikan di Kabupaten Bintan,”katanya.


Retno Riswati menuturkan, sebelumnya pada tahun 2019, Kabupaten Bintan sudah mencapai Wistara tertinggi tetapi pihaknya tidak bisa melanjutkan kembali karena ODF belum mencapai minimal 80 persen.


“Luar biasa sekali apa yang disampaikan pak Kades Karawang. Apa yang kami pelajari sungguh luar biasa, akan kami sampaikan ke pimpinan, kepala Daerah serta stakholder terkait mencari solusi dan mengaplikasikan sehingga bisa berhasil seperti disini,” imbuhnya


Sementara Sekertaris FSKSS Kabupaten Sukabumi, Ajat Zatnika mengatakan, alhamdulillah kedatangan tamu dari Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau bertujuan melakukan kaji banding terkait penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat. Adapun Desa Karawang yang terpilih menjadi locus kaji banding nilai ODF mencapai 100 persen.


"Bagaimana Kabupaten Sukabumi bisa meraih wistara ke 3 karena walaupun Kabupaten Bintan sudah mencapai wistara tapi hanya pada sampai tahun 2019. Jadi dari 2001 sampai 2024 tidak bisa mengikuti karena terkendala penilaian ODF itu harus 100 persen,"tambahnya.


Ajat berharap, Desa Karawang bisa mempertahankan, merawat apa yang kami raih yaitu saba Wistara ke 3 


"tetap konsisten dan meraih penghargaan wistara level tertinggi dibidang kesehatan,"singkatnya


Kepala Desa Karawang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Iwan Rusmawan Gadika menyampaikan,  sangat mengapresiasi atas kunjungan tersebut.


"Alhamdulilah tanggapan dari undangan yang datang salah satunya dari perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan sangat puas karena memang betul di Kabupaten Sukabumi pelaksanaan kesehatannya berjalan dengan baik,"kata Iwan 


Dalam kunjungan itu, Tim Kaji Banding Kabupaten Kota Sehat Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Provinsi Kepuluan Riau diajak melihat kondisi Desa Karawang.


"Kunjungan ini datang ke Kampung Karawang RW 5 melihat bagaimana masyarakat disini dengan pola hidup masyarakatnya bahwa tidak buang air besar sembarangan salah satunya ke saluran irigasi,"ujarnya.


Camat Sukabumi, Asep Suhenda berharap, masyarakat tetap konsisten dan meraih penghargaan sabab wistara level tertinggi dibidang kesehatan.


"Karena tidak menutup kemungkinan ada beberapa kabupaten lain kaji banding ke Desa Karawang karena Desa Karawang sudah terkenal program ODFnya sudah berhasil,"pungkasnya. (Sun)





Lebih baru Lebih lama