KORMI Gelar Lomba Senam Aerobik, Dalam Rangka HJKS Ke - 154 Kab. Sukabumi, Berdayakan Potensi Seni budaya dan Olahraga

 


www.mitranewssukabumi.com - Sekertaris Daerah  Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman mengatakan dengan adanya lomba senam aerobik diharapkan dapat menjadikan inspirasi dan motivasi dalam pengembangan kreativitas di bidang senam sehingga semakin digemari dan menjadi kebutuhan sekaligus menjadi gaya hidup masyarakat Kabupaten Sukabumi.

 

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Lomba Senam Aerobik yang mengusung tema “Melanjutkan dan Mewujudkan Karya”  Sehat, Bugar, Gembira, Luar Biasa, bertempat di GOR Cisaat, Minggu (18/08/2024).

 

Sekda juga mengapresiasi lomba senam aerobik yang digagas oleh KORMI, dan panitia HJKS ke-154 dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI, dan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-154.

 

“Saya juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi dan peserta lomba senam kreasi atas dukungan dan  partisipasinya bersama-sama dengan KORMI dalam memberdayakan potensi seni budaya dan olahraga,” singkatnya.

 

Lomba senam aerobik ini diikuti oleh 219 orang peserta perorangan dan 60 grup komunitas sanggar di Kabupaten Sukabumi. Peserta menampilkan gerakan-gerakan yang energik dan penuh semangat, serta koreografi yang kreatif. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan gaya hidup sehat melalui olahraga, serta mempererat tali silaturahmi antar sesama pegiat olahraga di Kabupaten Sukabumi.

 

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan menyampaikan tujuan KORMI menggelar lomba ini adalah mengajak masyarakat untuk berolahraga, dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam berolahraga.

 

“Meningkatkan angka partisipatif dalam berolahraga, dan yang paling penting meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, ” ujarnya. 

 

Hj. Yani mengaku bersyukur dan bangga karena acara ini mendapat perhatian dan antusias yang luar biasa dari masyarakat, sehingga panitia terpaksa membatasi jumlah peserta.

 

“Kalau tidak dibatasi, peserta bisa membludak. Oleh karena itu, kami membatasi jumlah grup yang ikut serta menjadi 60 grup, dan untuk kategori perorangan sudah terdaftar 219 peserta,” ucapnya.

 

Menurutnya, lomba senam aerobik dipilih sebagai cabang olahraga karena bersifat umum dan mudah diikuti oleh berbagai kalangan.

 

“KORMI mengundang instruktur dari Jawa Barat yang akan memberikan arahan dan penilaian, Peserta harus bisa mengikuti gerakan yang diperagakan oleh instruktur, dan ada juri yang akan menilai,” ungkapnya.

 

Melalui lomba ini, Hj. Yani berharap semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk berolahraga, terutama kaum perempuan.

 

“Olahraga rekreasi masyarakat memiliki ciri khas yang masal, murah, meriah, dan bermanfaat. Kami berharap kegiatan ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat untuk berolahraga,” pungkasnya.

 

Di tempat yang sama, Ketua Panitia penyelenggara, Anita Mulyani menyatakan bahwa KORMI Kabupaten Sukabumi selalu memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini setiap tahunnya. Dukungan ini tidak hanya bertujuan untuk menyemarakkan perayaan, tetapi juga untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam berolahraga.

 

“KORMI Kabupaten Sukabumi setiap tahun mendukung kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi. KORMI menitikberatkan ajakan kepada masyarakat untuk bugar dan sehat,” tambahnya.

 

Selain menjadi bagian dari rangkaian peringatan HJKS, lomba senam aerobik ini juga merupakan seleksi persiapan Kabupaten Sukabumi untuk mengikuti lomba senam aerobik di tingkat Jawa Barat yang nantinya akan mewakili Jawa Barat ke tingkat Nasional.

 

“Selain kita mensupport kegiatan HJKS, kita juga melihat potensi atlet-atlet terutama di bidang olahraga senam aerobik,” tandasnya.(Sun)

 

Lebih baru Lebih lama