PPD & KONSELING, mata kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi untuk Menunjang Guru yang lebih peka terhadap peserta didik

 

Dari kiri ke kanan : yeni yuningsih, vinalidya, alvina pinova, ismi nur aulia

 

mitranewssukabumi.com - Mahasiswa jurusan RPL PG PAUD Universitas Muhamadiyah Sukabumi yang mengampu mata kuliah PPD (Perkembangan Peserta Didik) & Konseling membeberkan pengalaman mereka dalam mempelajari lebih dalam tentang anak usia dini pada perkuliahan tersebut, diantaranya mereka mempelajari tentang etika peserta didik, dan bermacam-macam kecerdasan anak usia dini.

 

Salah satu yang di paparkan oleh Bunda Elnawati M.Pd yang merupakan Dosen pada mata kuliah ini, yang juga sebagai KAPRODI PG PAUD Universitas Muhamadiyah Sukabumi adalah tentang teori dari Gardner yang menyatakan bahwa kecerdasan terdiri dari 9 kategori kecerdasan anak yang terdiri dari kecerdasan spatial,  intra-personal, linguistic, bodily-kinesthetic, interpersonal, musical, logical-mathematical, naturalis, dan existensial. 

 

Bunda Elnawati M.Pd

Kesembilan kategori tersebut memiliki indikator tertentu yang dapat dilihat dan diobservasi pada individu berdasarkan variasi dalam kegiatan belajar atau pengalamannya, atas dasar itu sebagai pendidik mahasiswa RPL PG PAUD Universitas Muhamadiyah Sukabumi dituntut untuk berfikiran terbuka dan bisa menggali potensi anak sesuai dengan kecerdasanya masing-masing, tidak selalu menuntut anak cerdas dalam bidang akademis, namun melihat dari berbagai kecerdasan yang telah di sebutkan sesuai dengan teori tersebut.

 

Selain itu dalam mereka juga mempelajari tentang etika anak usia dini dan bagaimana cara seorang pengajar dapat mengajarkan nilai-nilai budi pekerti sesuai dengan kebutuhan zaman. PPD & Konseling membantu para tenaga didik anak usia dini menggali potensi murid berdasarkan kecerdasan dan kebutuhan masing-masing individu, membangun citra yang baik dan menunjukan profesionalitas atas profesi yang menjadi pekerjaanya.

 

Ismi Nur Aulia salah satu mahasiswi RPL PG Paud menuturkan bahwa PPD & Konseling membantunya memahami berbagai jenis kecerdasan dan karakter anak usia dini, ia juga berharap dengan mengikuti mata kuliah ini, ia bisa lebih menjalin ikatan emosional pada anak didinya agar dapat memberikan arti sebagai orang tua kedua di sekolah.

 

“RPL sendiri adalah kepanjagan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau, dalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu, terdiri dari maksimal 4 semester, Universitas Muhamdiyah Sukabumi memiliki program RPL untuk beberapa program studi salah satunya Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)”. Tutupnya

 

Editor : Sun

Lebih baru Lebih lama