Panwaslucam Sukabumi Gelar Sosialisasi Pengawasan Netralitas ASN, TNI / Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa di Pilkada serentak tahun 2024

 


www.mitranewssukabumi.com - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Sukabumi melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Netralitas ASN, TNI / Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa untuk Pilkada serentak tahun 2024. 

 

Sosialisasi yang dilakukan dalam upaya meningkatkan netralitas ASN pada Pilkada 2024 serentak ini berlangsung di Gedung elmitra, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi pada Jum’at (26/7/2024).

 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Panwaslucam Sukabumi, Kepala Sekertariat Panwaslucam Sukabumi beserta jajaran, Camat Sukabumi, PPK Kecamatan Sukabumi, Polsek Sukabumi, Danramil Sukabumi, para Kepala Desa se-Kecamatan Sukabumi, Tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

 

Ketua Panwaslucam Sukabumi Sakir menjelaskan, kegiatan sosilaisasi dan penandatanganan deklarasi integritas ini merupakan upaya pencegahan dari Panwaslucam untuk mensosialisasikan netralitas ASN dan juga netralitas para kepala desa pada Pilkada Tahun 2024.

 

“Kita memberikan pemahaman terhadap mereka terkait netralitas, guna menjaga integritas ASN supaya lebih profesional dalam melayani publik sebagai abdi Negara. Intinya tidak boleh ikut serta dalam politik praktis maupun dalam kegiatan kampanye,” ujar Sakir

 

Lebih lanjut Sakir menjelaskan bahwa Netralitas ASN merupakan satu dari sekian indikator kerawanan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024.

 

Menurut Sakir, terdapat 5 besar trend pelanggaran netralitas ASN, yaitu kampanye atau sosialisasi di medsos, mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan kepada salah satu calon, melakukan poto bersama dengan calon, menghadiri deklarasi bakal calon, dan melakukan pendekatan ke parpol terkait pencalonan sebagai peserta Pilkada Tahun 2024 ini

 

“Semoga dengan diberi pemahaman terkait hal ini, mereka akan takut ketika mereka melakukan pelanggaran, karena sudah di dijelaskan dalam undang-undang ASN bawa apabila dilanggar, maka akan kena sangsi berat,” kata Sakir.

 

Di tempat yang sama, Camat Sukabumi Asep Suhendra sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diinisiasi oleh Panwaslucam Sukabumi tersebut, hal ini memang harus dilakukan untuk menjaga stabilitas Pilkada 

 

Sebagai antisipasi dini, Asep Suhendra juga berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas politik di perhelatan Pilkada ini.

 

“Kita harus sadar bahwa baik calon maupun pemilih, itu adalah saudara kita. Walaupun kita berbeda pilihan, tapi kita tetap harus menjaga persaudaraan, sehingga kualitas demokrasi kita bisa betul-betul terjaga,” tandasnya.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Pendantangan Deklarasi Pakta Integritas oleh Camat Sukabumi, Polsek Sukabumi, Danramil Sukabumi, dan Para Kepala Desa se-Kecamatan Sukabumi

 


 

Peliput : Sun

 

Lebih baru Lebih lama