Diklat Penguatan Manajemen dan Kelembagaan Koperasi di Sukabumi Sukses Digelar

 

 

www.mitranewssukabumi.com - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (DKUMKM) Kabupaten Sukabumi, melalui Bidang Diklat dan Pemberdayaan Koperasi Kabupaten Sukabumi, menyelenggarakan Diklat Penguatan Manajemen dan Kelembagaan Koperasi dan Sertifikasi BNSP Skema Pengurus Koperasi. Acara ini berlangsung di Hotel Pangrango, Selabintana,Rabu (24/07/24/

 

Kepala Bidang Diklat dan Pemberdayaan Koperasi Kab. Sukabumi, Elis Siti Aisyah, dalam arahannya menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan program bantuan keuangan kompetitif dari Provinsi Jawa Barat. "Tujuannya adalah untuk memperkuat kelembagaan dan daya saing koperasi yang hadir sebagai peserta," jelas Elis.

 

Pelatihan ini meliputi materi tentang manajemen kelembagaan koperasi, penyusunan laporan keuangan, dan digitalisasi koperasi. 

 

Elis menambahkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari 4 koperasi yang bergerak di sektor pertanian, yaituKoperasi Nurul Iman (memproduksi minyak biji bunga matahari,Koperasi Talas Beneng, Koperasi yang telah menjadi offtaker Indofood, Koperasi Susu.

"Koperasi seringkali menghadapi kendala karena literasi para anggotanya tentang koperasi masih kurang," ujar Elis. 

 

Elis Siti Aisyah


"Melalui pelatihan ini, diharapkan koperasi-koperasi ini dapat menjadi lebih berdaya saing dan meningkatkan kinerjanya".

 

Selain pelatihan, peserta juga mendapatkan bantuan berupa personal komputer dan aplikasi penyusunan laporan keuangan. Aplikasi ini dapat diakses oleh pengurus koperasi dan Dinas Koperasi.

 

Narasumber dalam pelatihan ini berasal dari Lapenkop, Lembaga Pendidikan Perkoperasian Nasional, Smartcoop, dan BKPSDM.

 

DKUMKM Kabupaten Sukabumi tidak hanya fokus pada output pelatihan, tetapi juga pada outcome atau dampaknya.

 

 "Setelah pelatihan ini, kami akan melakukan monitoring," jelas Elis. "

 

Melalui Diklat Penguatan Manajemen dan Kelembagaan Koperasi ini, diharapkan koperasi-koperasi di Kabupaten Sukabumi dapat menjadi lebih modern dan berdaya saing di era digital dan koperasi  Sukabumi go digital dan modern (kopi godam)

 

 

Peliput : Sun

Lebih baru Lebih lama